Laman

Kamis, 16 Mei 2013

Zul-Ichsan Mendominasi di Kab. Sumbawa

Sumbawa Besar, WARTASumbawa.
Sampai hari ketiga pasca pencoblosan, pasangan no. urut 4, yaitu Zul-Ichsan masih mendominasi perolehan suara pada Pilkada NTB 2013 untuk wilayah Kab. Sumbawa. Diperkirakan sampai dengan berakhirnya rekapitulasi penghitungan suara ditingkat kecamatan maupun kabupaten dalam waktu dekat ini, perolehan suara Zul-Ichsan tidak akan terkejar oleh pasangan calon lainnya. Sejauh ini berdasarkan perhitungan WARTASumbawa yang diperoleh dari berbagai sumber memperlihatkan dominasi Zul-Ichsan di Kab. Sumbawa, karena sampai dengan saat ini Zul-Ichsan telah memperoleh suara sementara yaitu sekitar 49,19% suara dari 331.316 pemilih, atau sebanyak 100.000 lebih suara. Sementara entry data yang telah masuk diperkirakan sudah mencapai angka 300.000 lebih suara. 
Cawagub TGB, Muh-Amin dan istri saat pencoblosan
Artinya Zul-Ichsan telah melakukan upaya yang luar biasa, sehingga membalikkan opini banyak orang bahwa pasangan TGB-Amin akan unggul di Kab. Sumbawa. Pasangan TGB-Amin sampai dengan saat ini memperoleh suara sementara sebesar 34,62% atau sekitar 79.000 lebih suara. Tidak demikian dengan pasangan Harun-Muhyi, yang sebelumnya digadang-gadang akan cukup memberikan "perlawanan' terhadap pasangan TGB-Amin, ternyata harus puas dengan posisi ke-3 dengan perolehan suara sementara sebesar 10,61% atau sebanyak 23.000 lebih suara. Kemudian pasangan SJP-Johan berada di posisi juru kunci dengan perolehan suara sementara sebesar 5,93% atau 13.000 lebih suara.
Walaupun pasangan Zul-Ichsan mendominasi perolehan suara di Kab. Sumbawa, secara keseluruhan masih belum bisa "berbicara banyak" untuk tingkat Propinsi NTB, mereka kalah jauh dengan pasangan TGB-Amin yang diperkirakan telah memperoleh suara lebih dari 30+1%, atau dengan kata lain menang hanya dalam satu putaran saja. TGB-Amin berhasil memaksimalkan perolehan suara di Pulau Lombok dan sebagian Pulau Sumbawa, sehingga kandidat pasangan lainnya masih berada jauh dibawah perolehan suara milik TGB-Amin. Namun perjuangan pasangan Zul-Ichsan patut diapresiasi sebagai bagian dari upaya demokrasi dan upaya kerja keras untuk bercita-cita membangun NTB yang lebih baik. Disisi lain, siapapun pemenangnya tentunya masyarakat NTB mengharapkan agar kedepannya bisa lebih baik dari semua segi. (WS)