Halaman

Kamis, 21 Maret 2013

Musakarah Pemuda Tana Samawa di Aula SMKN 1 Sumbawa Besar

Sumbawa Besar, WARTASumbawa.
DPD KNPI Kab. Sumbawa mengagas sebuah acara yang dinamakan Musakarah Pemuda Tana Samawa, yang dilaksanakan pada Kamis (21/3) di Aula SMKN 1 Sumbawa Besar. Acara yang resmi dibuka oleh Kadis Parsenibud, DR. M. Ikhsan Safitri mewakili Bupati Sumbawa ini bertemakan "Menjalin dan Memupuk Kebersamaan Pemuda Menuju Samawa Senap Semu Nyaman Nyawe", dengan menghadirkan pembicara yaitu pakar Resolusi Konflik dari UI, Prof. DR. Ichsan Malik, Sultan Sumbawa, Sultan Muhammad Kaharuddin IV, dan Kabag Binmas Polres Sumbawa, AKP. Mansyur.
Musakarah Pemuda Tana Samawa DPD KNPI Kab. Sumbawa
Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Kadis Parsenibud Kab. Sumbawa, DR. M. Ikhsan Safitri, dalam pesannya mengajak kepada seluruh pemuda sebagai generasi penerus bangsa untuk memupuk, membangun, dan melestarikan nilai-nilai budaya yang pluralis dan beranekaragam. Selain itujuga mengharapkan kepada pemuda Tana Samawa untuk memiliki motivasi dan spirit dalam melestarikan nilai budaya tersebut.
Sementara dalam acara dialog yang dimoderatori oleh Ketua DPD KNPI Kab. Sumbawa, Andi Rusni, SE., sebagai pembuka materi Sultan Sumbawa, Sultan Muhammad Kaharuddin IV menyampaikan akan pentingnya kebanggaan kita sebagai Tau Samawa, yaitu mampu menunjukkan kearifan lokal yang kita punyai antara lain mampu menjaga harkat martabat, nama baik, adat istiadat, dan kearifan lokal Sumbawa.
Pembicara kedua yaitu pakar Resolusi Konflik dari UI, Prof. DR. Ichsan Malik, menekankan bahwa konflik itu akan selalu ada, karena adanya perbedaan suku, agama, ras, golongan, ekonomi, politik, sosial dan budaya. Perbedaan ini pada akhirnya mengakibatkan terjadinya kekerasan, ketegangan, krisis, sengketa, dan lainnya. Oleh karena itu penyelesaian konflik itu adalah dengan cara saling toleransi antar sesama, mau menerima dan menghargai perbedaan yang ada sebagai suatu khazanah budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Sedangkan Kabag Binmas, AKP. Mansyur yang mewakili Kapolres Sumbawa menyampaikan bahwa negara kita adalah negara hukum yang memiliki keanekaragaman, baik suku, ras dan golongan. Atas dasar itu diharapkan sebagai pemuda tidak boleh terpecah belah karena perbedaan yang ada, dan hidup berdampingan dengan damai dan aman. (WS)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar